Aneka Kuliner yang harus Kamu Cicipi Saat Berada di Makassar

Posted By: Paudnesia - August 17, 2017

Share

& Comment

Source : Vemale.com
Kota Makassar di Sulawesi Selatan adalah salah satu destinasi wisata paling recommended di pulau Sulawesi. Daerah berjuluk Kota Daeng ini punya banyak tempat wisata yang sangat memesona. Selain itu, Makassar punya banyak orang-orang yang pandai meracik makanan. Makanya, Makassar jadi salah satu surga kuliner yang ada di Indonesia.

Oleh karena, mencicipi aneka kuliner khas Makassar sudah jadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke kampung halaman Sultan Hasanudin ini. Meskipun kuliner khas Makassar sudah banyak di jual di daerah lain seperti Jakarta dan Bandung, mencicipinya langsung di tempat asalnya tentu akan terasa lebih mumuasakan.

Jadi sebelum kamu  cek harga tiket pesawat online ke Makassar, lebih baik kamu catat dulu daftar kuliner khas Makassar yang wajib kamu coba agar tidak salah memilih makanan. Berikut daftarnya;

Konro
Konro merupakan makanan tradisional masyarakat Bugis yang menggunakan iga Sapi sebagai bahan utamanya. Ada dua metode pengolahan yang sering dipakai orang makasar untuk membuat Konro, yaitu dengan diolah menjadi sup dan di bakar menggunakan bumbu Konro. Citarasa pada sajian satu ini sangat kaya karena di dalamnya terkandung berbagai rempah-rempah seperti merica, cengkeh kunyit, asam, jahe, bawang, dan masih banyak lagi. Ciri khas dari makanan ini adalah berwarna hitam yang dihasilkan dari buah kluwak yang merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatannya. Menyantap sup dan/atau konro bakar selagi hangat adalah cara terbaik untuk menikmatinya.

Coto Makasar
Makanan yang satu ini merupakan kuliner tradisional legendaris dari Makassar. Makanan yang juga sering disebut Coto Makassara ini menggunakan jeroan sapi pilihan sebagai bahan utamanya. Potongan jeroan sapi itu pun kemudian dimasak dengan kuas berisi puluhan rempah rempah sehingga membuat Coto Makasar menjadi sangat kaya rasa. Selain itu, jika Coto Makasar di buat dengan air rebusan jeroan sapi menggunakan peralatan berbahan tanah liat, lalu dicampur dengan kecap tauco (bumbu yang berasal dari tiongkok), rasanya akan semakin terasa ciamik. Meskipun berbahan jeroan sapi, Coto Makassar tidak mengeluarkan bau amis yang menyengat. Bagi yang tidak menyukai jeroan, bahan utamanya pun bisa diganti dengan bagian sapi lainnya, termasuk daging.

Selain enak, Coto Makassar juga ternyata termasuk kuliner yang selalu tersaji di kerajaan Gowa yang berjaya di Makassar sekitar tahun 1500an.

Selain Coto Makassar, di sana juga ada makanan yang secara tampilan sangat mirip dengan sajian pasukan kerajaan Gowa ini, namanya Pallubasa. Namun biasanya, Pallubasa dihindangkan bersama nasi putih, sedangkan Coto Makassar lebih nikmat dihidangkan dengan lontong atau ketupat.

Sop Saudara
Sepintas, kuliner dengan nama yang unik ini memang terlihat sama saja seperti sop pada umumnya. Biasanya, Sop Saudara disajikan lengkap dengan potongan daging sapi, jeroan sapi, bihun, perkedel, bandeng, telur rebus, kentang, dan lontong, serta kuah yang berisi bergai macam rempah-rempah. Hal yang membuat kuliner ini menjadi spesial adalah sejarahnya yang penuh filosofi persaudaraan. Konon, di tahun 1950an ada seorang pria asal Pangkep yang bekerja di sebuah warung yang menjual sop daging. Setelah beberapa tahun bekerja, ia pun mendirikan sebuah usaha kuliner. Makanan yang dijual merupakan sop yang menurutnya lebih spesial daripada sop yang dijual di tempatnya bekerja. Uniknya, pria tersebut menamai sop olahannya dengan nama Sop Saudara. Tujuannya adalah agar semua orang yang berkunjung ke warungnya bisa saling merasakan ikatan persaudaraan antar sesama pelanggan, pemilik warung, hingga pelayan. Ada yang bilang, Sop Saudara juga merupakan singkatan dari kalimat ‘Saya Orang Pangkep, Saudara!’. Kalau kamu mau merasakan hangatnya persaudaraan di Makassar, datang saja ke warung makan yang khusus menjual Sop Saudara ini.

Es Palu Butung dan Pisang Ijo
Selain makanan berbahan sapi. Makassar juga punya minuman khas yang menyegarkan. Di antaranya ada Es Palu Basa dan Pisang Ijo. Bahan utama dari kedua minuman ini adalah pisak Kepok atau Pisang Raja yang dikukus. Lalu ditambah dengan bahan-bahan seperti tepung beras, santan kental, pemanis, sampai es tentunya. Hal yang membedakan es Palu Butung dan Pisang Ijo terletak pada lapisan yang membungkus pisangnya. Pisang yang ada pada es Palu Butung tidak dilapisi apapun sedangkan pisang pada Es Pisang Ijo dilapisi dengan adonan yang terbuat dari tepung beras. Makanya minuman yang satu ini diberi nama Es Pisang Ijo. Kedua minuman ini menawarkan rasa yang sangat menyegarkan, manis, dan sedikit gurih. Jadi sangat cocok untuk dinikmati saat siang hari sambil menikmati pemandangan di pinggir pantai.

Setelah kamu mengantongi daftar kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Makassar, sekarang tinggal cari tiket pesawat untuk pergi ke sana. Ada banyak pilihan masakapai penerbangan murah yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah Batik Air. Ceh harga tiket pesawat Batik Air di Reservasi.com untuk mendapatkan penerbangan ke Makassar dengan penawaran harga terbaik.

About Loker Banjar

Lokerbanjar.com adalah Situs Lowongan Kerja Khusus Kalimantan Selatan

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Loker Banjar™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Built with Blogger Templates.